Games Online

Inilah Beberapa Game yang Dilarang di Indonesia

Beberapa saat yang lalu sempat ramai dibicarakan di berbagai forum dan komunitas game dalam negeri tentang beberapa game yang direkomendasikan untuk dilarang beredar di Indonesia. Hal tersebut langsung menuai kontroversi karena beberapa game yang dimaksud justru sedang ramai-ramainya dimainkan di Indonesia, bahkan di dunia pun ramai pula pemainnya.

Baca juga : 7 Game Android Terbaru

            Namun sebetulnya jauh sebelum ramai rekomendasi pelarangan beberapa game populer di Indonesia seperti saat yang lalu itu, telah ada beberapa game yang benar-benar dilakukan pelarangan terhadapnya. Pelarangan tersebut didasarkan pada beberapa faktor mulai dari menistakan suatu agama tertentu, dianggap sesat dan berisikan nilai-nilai yang tak sesuai dengan sistem nilai di Indonesia hingga anggapan dapat merusak moral para pemainnya akibat isi game tersebut.

            Sebagai buktinya, berikut ini akan disampaikan beberapa game yang benar-benar dilarang untuk beredar di Indonesia. Tanpa panjang lebar lagi, game-game yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Mortal kombat 11

Sebagai salah satu franchise besar dalam dunia game, rasanya tentu cukup mengejutkan mengetahui bahwa game mortal kombat seri ini tak dapat dibeli oleh player Indonesia. Namun berdasar kabar yang beredar rasanya alasan pencekalan game ini masuk Indonesia cukup jelas, karena ada karakter yang disisipi lambang-lambang komunis. Tentu semua orang sadar bahwa faham komunisme benar-benar dilarang di negeri ini akibat peristiwa kelam di masa lalu.

  • Fight of God

Berikutnya ada game yang cukup unik dan menurut pandangan subjektif banyak orang game ini cenderung dibuat tak pakai hati. Pasalnya game ini menjadikan Tuhan dari berbagai kepercayaan sebagai karakter yang mana para karakter tersebut akan dipertandingkan satu sama lainnya. Karakter yang dimaksud misalnya Yesus Kristus, Buddha Gautama, Zeus, Anubis dan masih banyak lagi. Degan kentalnya nilai menghargai unsur Ketuhanan di Indonesia, jelas sebelum game ini resmi release pun sudah banyak diprediksi bahwa game ini tak akan berhasil masuk ke indonesia.

  • Far Cry 3

Pada dasarnya game yang satu ini merupakan game action yang keren dan seru ketika dimainkan, sayangnya latar belakang tempat dan cerita dalam game yang dianggap sangat identik dengan Indonesia membuat pemerintah bersikeras melarangnya. Jika hal-hal baik yang diangkat dalam game mungkin pemerintah kita tidak akan merasa bermasalah dengan game tersebut, namun karena hal-hal negatiflah yang ditonjolkan maka dikhawatirkan dapat merusak citra negeri ini di hadapan bangsanya sendiri.

  • RapeLay

Game RapeLay ini merupakan game yang pasti akan langsung dilarang tanpa perlu melihat isinya, pasalnya dari judulnya pun sudah jelas bahwa unsur pornografi akan sangat kental dalam game ini. Dan ternyata memang betul, karena game ini mengharuskan player menjadi seorang predator seks dengan misi menguntit atau membuntuti karakter wanita dalam game untuk kemudian memperkosanya.

  • Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Serupa dengan Far Cry 3 yang dilarang akibat menunjukkan sisi negatif Indonesia, game Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow pun kiranya demikian. Latar cerita dalam game ini adalah peristiwa timor timur dimana sang karakter game merupakan pemberontak yang ingin bebas dari Indonesia.

Lima game di atas hanya contoh kecil dari sederet judul game-game lain yang dilarang oleh pemerintah Indonesia. Meski telah resmi dilarang, banyak player yang penasaran dan melakukan berbagai cara untuk dapat memainkannya, mulai dari cara-cara sederhana seperti menggunakan VPN hingga cara yang terbilang berlebihan seperti sengaja keluar negeri hanya untuk mencoba game-game yang dilarang itu.

Comment here